Hukum Kristalografi dan Kembaran

By | August 10, 2018

Kisi-kisi kristal menunjukkan bagaimana mengulang pola atom. Basis atau motif menunjukkan apa yang harus diulang. Jumlah kisi dan pangkal membentuk struktur kristal. Karena pola sistematis atom dalam kristal, ada beberapa hubungan yang khas di antara wajah kristal. Proyeksi stereografi membantu memahami hubungan antara beberapa wajah kristal. Ukuran dan bentuk kisi-kisi kristal menentukan hubungan sudut di antara permukaan kristal. Berdasarkan pengaturan teratur atom, dan sel-sel unit beberapa hubungan kristalografi dan matematika di antara wajah-wajah kristal ditemukan.

Pola teratur kisi-kisi akan mengarah pada pengaturan wajah yang seragam dan dengan demikian sudut di antara mereka. Hukum keteguhan sudut antar wajah menyatakan bahwa sudut antara dua wajah tetap konstan diukur pada suhu tertentu. Sudut wajah Inter berarti, sudut antara dua wajah. Tetapi dalam kristalografi, sudut-sudut diukur antara normals yang digambar ke dua wajah kristal yang berdekatan.

Menurut hukum rasio aksial, panjang relatif sumbu kristalografi diukur terhadap sumbu yang berjalan dari kanan ke kiri. Kecuali dalam sistem heksagonal, sistem yang tersisa, memang memiliki tiga sumbu. Karena semua tiga sumbu dalam sistem isometrik memiliki panjang yang sama, rasio aksial untuk mereka akan sama dengan satu. Demikian pula, untuk sistem triclinic, di mana sumbu memiliki panjang variabel, rasionya juga bervariasi.

Miller mengukur indeks untuk berbagai bentuk kristalografi. Prosedur untuk mengukur indeks tidak melibatkan pengukuran parameter dan reciprocating mereka, dan membersihkan fraksi.

Kembar mungkin terjadi selama pertumbuhan kristal. Kristal kembar mirip seolah-olah satu setengah berada di arah sebaliknya dari setengah lainnya. Pesawat kembar adalah pesawat yang memotong kristal kembar dengan sedemikian rupa sehingga setengahnya adalah bayangan cermin dari yang lain. Sumbu kembar adalah sumbu di sepanjang yang jika kristal twinned diputar, ia kembali ke keadaan yang tidak terkalahkan. Berdasarkan bidang kembar, beberapa jenis kembar diakui. Albite twin, baveno twin, carlsbad, manebach, dll adalah berbagai jenis kembaran dan dapat diidentifikasi oleh pesawat kembar mereka.

Permintaan untuk kristal di beberapa bidang mengarah pada penemuan berbagai jenis metode pertumbuhan kristal seperti pertumbuhan dari cairan, dari uap, dari padat, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *